Page 44 - index
P. 44

belum mengenal tulisan atau belum dapat membaca, para orang tua
              mengemban tanggung jawab untuk secara kreatif merangsang dan
              sedikit demi sedikit menumbuhkan minat membaca, yang dengan
              sendirinya juga untuk mencapai kesiapan membaca. Sementara itu, bagi
              anak-anak yang sudah dapat membaca, usaha yang perlu dilakukan
              orang tua tujuannya bukan hanya menumbuhkan, melainkan juga
              untuk mengembangkan minat dan kebiasaan membaca secara benar.
                   Kenapa kebiasaan membaca perlu ditumbuhkan sejak anak-anak
              berusia dini? Pertama, karena berbagai studi telah membuktikan bahwa
              kecerdasan anak akan mencapai angka 40% pada usia 4 tahun dan
              mencapai 80% pada usia 7-8 tahun. Masa pra-sekolah, oleh banyak ahli
              sering disebut masa emas (golden age) untuk menanamkan dasar-dasar
              perilaku dan sikap, emosional dan kognitif. Ini berarti, jika pada masa
              kanak-kanak, seorang anak yang tidak dilatih membaca sejak dini,
              maka hampir dapat dipastikan tingkat kecerdasan dan kemampuan
              anak akan tidak berkembang secara maksimal. Seorang anak yang
              tidak dibiasakan untuk membaca, mendengar cerita atau menelusuri
              informasi melalui bacaan, maka bukan tidak mungkin kesempatan
              emas anak untuk berkembang menjadi terbuang begitu saja.
                   Kedua, karena   membiasakan anak    membaca sejak dini    pada
              dasarnya adalah upaya untuk merangsang anak terdorong minatnya
              untuk menyenangi bacaan dan kegiatan membaca. Anak yang tumbuh
              dalam suasana keluarga yang menghargai buku dan gemar membaca,
              bukan saja  akan  cenderung lebih luas  wawasannya dibandingkan
              anak seusianya yang tidak terbiasa membaca, tetapi lebih jauh juga
              akan menyebabkan anak yang bersangkutan mempunyai fondasi yang
              kuat untuk menyenangi kegiatan membaca. Seorang anak yang gemar
              membaca sejak dini niscaya akan potensial tumbuh dan berkembang
              menjadi seseorang yang tidak dapat melepaskan diri dari kegemarannya
              untuk membaca bahkan sepanjang hidupnya.
                   Pengembangan minat dan kebiasaan membaca yang baik memang
              harus dimulai sedini mungkin pada masa anak-anak. Selain orang tua,
              terutama ibu dan guru-guru, kelompok bermain, Taman Kanak-Kanak,
              dan Sekolah Dasar mempunyai peran yang sangat menentukan dalam
              usaha-usaha mengembangkan perilaku gemar membaca. Memang pihak
              yang terutama sangat berpengaruh dalam mendorong tumbuhnya
              perilaku gemar membaca pada anak adalah keluarga. Seperti dikatakan
              Horton dan Hunt (1991), bahwa fungsi keluarga bukanlah semata-




              30                       Minat & Perilaku Gemar Membaca Masyarakat Kota Surabaya di Era Digital
   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49