Page 45 - index
P. 45
mata hanya melakukan fungsi reproduksi atau fungsi perlindungan,
tetapi keluarga juga bertanggung jawab melakukan fungsi sosialisasi,
termasuk di dalamnya mendidik anak agar memiliki fondasi yang kuat
untuk senantiasa tertarik pada bacaan dan kemudian mengembangkan
perilaku gemar membaca.
PERILAKU MEMBACA DI ERA DIGITAL
Sejak kemunculan teknologi digital yang diiringi dengan adanya
peningkatan dalam penggunaannya, tercatat banyak pula kajian yang
mendiskusikannya, di antaranya adalah kajian tentang dampak dari
media digital terhadap kegiatan membaca. Kajian ini telah menyebar
menjadi objek penelitian yang interdisipliner mulai dari ilmu komputer,
pendidikan, studi literasi, dan ilmu informasi dan perpustakaan. Tiap
disiplin mengembangkan fokus penelitian dan metodologi yang unik
antara satu dengan lainnya.
Inovasi teknologi digital memang harus diakui telah memberikan
solusi bagi masyarakat terutama ketika masyarakat dihadapkan
pada persoalan meledaknya jumlah informasi. Dengan pertumbuhan
jumlah informasi yang semakin meningkat maka teknologi digital
memungkinkan pencari informasi dapat mengakses informasi dengan
lebih mudah dan cepat. Namun demikian kemudahan teknologi informasi
digital yang tersedia ini mengakibatkan meningkatnya jumlah waktu
yang disisihkan oleh seseorang untuk membaca media elektronik. Hal
ini telah membawa pengaruh pada perilaku membaca masyarakat.
Bagaimanakah sebenarnya dampak teknologi digital pada
perkembangan minat dan perilaku membaca masyarakat? Dari banyak
kajian yang dilakukan, sikap terhadap dampak teknologi digital dapat
dibagi menjadi 2 (dua) yaitu kelompok yang beranggapan bahwa
teknologi digital mengancam perkembangan perilaku membaca dan
kelompok yang menyatakan bahwa teknologi digital hanya mengubah
sifat aktivitas membaca.
Sejumlah ahli berpendapat bahwa kehadiran media digital bersamaan
dengan fragmentasi dari hypertext justru mengancam keberlanjutan
kegiatan membaca (Birkets, 1994; Healy, 1990 dalam Ziming Liu, 2008:
53–70). Birkets (1994) lebih lanjut juga menyatakan bahwa pada generasi
yang lebih muda jika tumbuh dewasa di dalam lingkungan digital akan
mengurangi kemampuan untuk membaca.
KERANGKA KONSEPTUAL 31

