Page 39 - index
P. 39

3.  penyerapan kosa kata;
            4.  sikap membaca yang baik;
            5.  kepercayaan diri yang lebih besar sebagai seorang pembaca; dan
            6.  membaca untuk kesenangan dalam kehidupan selanjutnya.

                 Hubungan tersebut nampak dalam proses penguasaan bahasa
            ibu dan bahasa kedua, dan berlaku pada anak-anak maupun orang
            dewasa  (Krashen, 2004).  Studi korelasional  secara konsisten juga
            menunjukkan bahwa orang yang membaca lebih banyak maka akan
            menjadi pembaca yang baik. Jumlah buku yang dibaca dan pencapaian
            membaca dipandang sebagai sebuah hubungan timbal balik. Ketika
            jumlah buku yang dibaca semakin banyak, maka meningkat pula
            pencapaian membaca, yang kemudian meningkatkan jumlah buku yang
            akan dibaca (Cunningham & Stanovich, 1988).
                 Ada pula sejumlah bukti yang mengatakan bahwa membaca untuk
            kesenangan tidak hanya berpengaruh terhadap pencapaian membaca,
            namun juga dapat meningkatkan (lihat Clark and Rumbold, 2006):
            1.  pengetahuan  umum;
            2.  pemahaman yang lebih baik terhadap budaya yang lain;
            3. komunitas partisipasi;
            4.  wawasan yang lebih luas    mengenai   sifat dasar manusia dan
                pengambilan keputusan;
            5.  meningkatkan kemampuan sosial anak; dan
            6.  membantu menghilangkan perasaan kesepian pada orang dewasa.

                 Sanacore  (2002:  68)  mengemukakan    bahwa,  “jika  seseorang
            membaca untuk kesenangan secara teratur, maka ia akan mengalami
            manfaat membaca sebagai proses      estetika. Dengan  demikian  jika
            mereka membaca untuk sebuah tujuan, maka itu akan mendukung
            berkembangnya kebiasaan membaca”.


            Dampak Membaca Bacaan Imajinatif dalam Kegiatan
            Reading for Pleasure
                 Mengapa orang menyediakan waktu melakukan kegiatan membaca
            untuk kesenangan dengan membaca literatur imajinatif, yaitu semua
            jenis fiksi, script, dan puisi. Di dalam menjawab pertanyaan pertama,
            ‘Kontribusi apa saja, bila ada, ketika membaca literatur imajinatif bagi
            kehidupan anda?’ Ada keuntungan yang dirasakan saat membaca, yaitu
            eskapisme dan relaksasi (Usherwood & Toyne, 2002).



            KERANGKA KONSEPTUAL                                               25
   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44