Page 33 - index
P. 33
topik, tema atau genre; dan 4) ketertarikan terhadap elemen-elemen
dalam teks bacaan yang memiliki daya tarik bagi pembaca. Meneliti
minat membaca memberikan fokus pada pembaca individual, yang
tertarik, memilih, mempunyai selera, menunjukkan perilaku membaca,
memiliki kemampuan membaca, mempunyai peluang dan kesenangan
dalam membaca.
Mengetahui buku yang diminati adalah salah satu acuan sekaligus
cara untuk memotivasi seseorang agar tertarik untuk membaca. Strategi
untuk mendukung seseorang agar berminat dalam kegiatan membaca
adalah dengan mengetahui bacaan apa yang lebih disukai oleh siswa.
Salah satu penelitian di kalangan anak-anak yang dilakukan oleh Adele
Fasick (1984) menemukan bahwa anak lebih menyukai bacaan yang
berkaitan dengan misteri, cerita petualangan dan cerita hantu. Minat
terhadap buku bacaan memang bervariasi menurut umur, anak kelas
V hingga VII cenderung lebih menyukai yang bertema fantasi, science
fiction dan cerita yang berhubungan dengan olahraga. Secara spesifik,
studi Fasick menyimpulkan bahwa minat membaca anak bervariasi
menurut jenis kelamin di mana kebanyakan anak laki-laki kurang
menyukai cerita percintaan, sedangkan anak perempuan cenderung
tidak menyukai cerita peperangan.
Minat membaca dan kesukaan pada bacaan memang dapat
diidentifikasi dari jenis buku atau bahan bacaan yang populer di
kalangan anak-anak (Sebesta & Monson, 2003). Beberapa penelitian
lain mencatat bahwa perbedaan umur, jenis kelamin, tingkatan kelas
merupakan beberapa atribut yang membedakan minat dan kesukaan
terhadap bacaan. Namun kecenderungan yang terjadi adalah bahwa
anak-anak yang berusia lebih muda, lebih menyukai cerita dongeng dan
anak-anak yang lebih tua usianya akan tertarik pada fiksi (Boraks et
al.,1997; Fisher, 1998). Selain itu beberapa penelitian lain yang pernah
dilakukan menemukan ada perbedaan minat dan kesukaan bahan bacaan
ditinjau dari jenis kelamin. Anak perempuan lebih menyukai fiksi naratif,
sedangkan anak laki-laki cenderung menyenangi non fiksi (Childress,
1985; Harkrader & Moore, 1997; Simpson, 1996).
Meskipun minat bukanlah satu-satunya aspek yang mendorong
perilaku gemar membaca pada anak, namun kesukaan dan ketertarikan
anak terhadap buku bacaan merupakan sesuatu yang sangat personal
dan perlu mendapat perhatian apabila ingin menumbuhkan gemar
membaca. Memahami kecenderungan minat terhadap buku bacaan
akan sangat membantu ketika orang dewasa dalam hal ini orang tua
KERANGKA KONSEPTUAL 19

