Page 51 - index
P. 51

Bab         MINAT DAN PERILAKU GEMAR MEMBACA
              III          MASYARAKAT KOTA SURABAYA DI ERA



                           DIGITAL: TEMUAN DAN ANALISIS DATA







                 Saat ini salah satu komitmen Pemerintah Kota Surabaya adalah
            menumbuhkan minat dan perilaku gemar membaca, serta bagaimana
            mengembangkan tingkat literasi masyarakat sebagai modal sosial
            pembangunan. Di era post-industrial seperti sekarang, yang dimaksud
            aktivitas membaca tentunya bukan hanya membaca bacaan cetak,
            tetapi di dalamnya juga termasuk bacaan digital. Artinya, ketika di
            masyarakat Kota Surabaya terjadi perkembangan inovasi teknologi
            digital dan penggunaannya yang pervasive serta kepemilikan dan
            penggunaan gadget di masyarakat yang meningkat luar biasa, bukan
            berarti aktivitas membaca menjadi menurun atau menghilang karena
            masyarakat berganti memanfaatkan waktu luangnya untuk bermain
            gadget. Ketika kepemilikan gadget makin meluas, implikasinya adalah
            munculnya    pergeseran  pola  perilaku  membaca  masyarakat    dari
            membaca bacaan cetak ke aktivitas membaca bacaan online. Seperti
            dikatakan Bolter (1991), perubahan dari media cetak ke komputer tidak
            berarti berakhirnya era literasi itu sendiri, namun literasi terhadap
            koleksi cetak, teknologi elektronik memberikan jenis buku baru dan
            cara baru dalam menulis dan membaca.
                 Masyarakat Kota Surabaya adalah bagian dari masyarakat post-
            industrial yang tengah mengalami proses kemunculan suatu generasi
            internet yang disebut digital natives yang kemudian menyebabkan
            munculnya dikotomi kelompok dalam masyarakat yang terbelah menjadi
            generasi baby boomers (digital immigrant) dan net generation (digital
            natives). Yang dimaksud dengan generasi digital immigrant adalah
            mereka yang belum terbiasa menggunakan teknologi digital dan yang
            sehari-hari lebih banyak menghabiskan waktu luang untuk menonton
            televisi dan menikmati berbagai program tayangan stasiun televisi
            swasta dan TV kabel yang menawarkan berbagai acara yang menarik.
            Sedangkan yang dimaksud dengan generasi digital atau net generation



                                             37
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56