Page 56 - index
P. 56

semua responden penelitian ini merupakan orang-orang yang mapan
              secara ekonomi. Sebanyak 19,8% responden merupakan keluarga yang
              termasuk kelompok near poor (hampir miskin), 9,6% termasuk miskin,
              dan bahkan ada 1,9% responden termasuk kelompok yang         sangat
              miskin.



              TINGKAT MINAT DAN PERILAKU GEMAR MEMBACA
                   Untuk mendorong pertumbuhan minat dan perilaku gemar membaca
              masyarakat, dalam beberapa tahun terakhir berbagai upaya telah
              dilakukan Pemerintah Kota, mulai dari membangun TBM di sejumlah
              wilayah, menambah jumlah koleksi perpustakaan, mengembangkan
              program perpustakaan mobil keliling dan lain sebagainya. Pada batas-
              batas tertentu, minat dan perilaku gemar membaca masyarakat Kota
              Surabaya ada indikasi mulai tumbuh. Meskipun belum benar-benar
              optimal, tetapi dari hasil observasi diketahui bahwa di berbagai toko
              buku kita dapat melihat sejumlah anak tampak asyik memilih dan
              membaca buku-buku bacaan yang mereka sukai, TBM juga mulai
              didatangi warga masyarakat, perpustakaan juga mulai tampak hidup,
              dan perpustakaan sekolah juga telah dimanfaatkan siswa untuk mencari
              bahan rujukan yang mereka perlukan. Tidak sedikit warga masyarakat
              juga memiliki koleksi bacaan sendiri di rumah, dan sebagian yang lain
              meminjam atau membeli bacaan-bacaan baru yang digemari.
                   Walaupun membaca belum menjadi kebiasaan yang ter-internalized
              di masyarakat. Tetapi, sebagian masyarakat telah memperlihatkan
              minat akan bacaan yang cukup menggembirakan. Minat dan kebiasaan
              memang merupakan dua hal yang berbeda tetapi berkaitan. Minat
              adalah perpaduan keinginan dan kemauan yang dapat berkembang
              jika  ada  motivasi.  Kebiasaan  adalah  perilaku  atau  kegiatan  yang
              telah mendarah-daging, terinternalisasi atau membudaya dalam diri
              seseorang. Terbentuknya suatu kebiasaan pada umumnya memerlukan
              waktu lama dan dalam pembentukannya, minat dan motivasi
              mempunyai peran yang menentukan. Jika minat dan motivasi tidak
              ada, pada umumnya kebiasaan tidak tumbuh dan tidak berkembang
              (Tampubolon, 1991: 41).
                   Menurut Ross dalam Encyclopedia of Library and Information
              Sciences (2009), pengertian minat membaca (reading interests) umumnya
              menunjuk pada beberapa hal yang meliputi: 1) sebagai minat individual
              pada aktivitas membaca yang dilakukannya sendiri; 2) suatu konsep


              42                       Minat & Perilaku Gemar Membaca Masyarakat Kota Surabaya di Era Digital
   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61