Page 52 - index
P. 52

adalah  kelompok  yang  lahir  dan  tumbuh  di  tengah  perkembangan
              teknologi digital. Net generation umumnya lebih banyak menghabiskan
              waktu luang untuk memanfaatkan gadget dan memiliki keleluasaan,
              kebebasan dan kemudahan untuk mengakses informasi apapun detik itu
              pula dari dunia maya (Tapscott, 2009). Dengan karakteristik kelompok
              net generation seperti ini, untuk membangun minat dan perilaku gemar
              membaca harus diakui dewasa ini bukanlah hal yang mudah. Demikian
              pula dengan kelompok digital immigrant yang secara teoritis memang
              baru mengenal teknologi digital, tetapi beraktivitas di internet menjadi
              hal yang sudah mulai biasa. Berselancar di dunia maya, berinteraksi
              secara virtual serta mengisi waktu luang dengan kegiatan pleasure
              (seperti bermain games) adalah hal-hal yang acapkali menjadi pemikiran,
              problema bahkan kendala tersendiri dalam membangun tumbuhnya
              minat dan perilaku gemar membaca, termasuk di masyarakat Kota
              Surabaya sebagai masyarakat urban.
                   Bab ini, secara rinci akan memaparkan data dari hasil wawancara
              lapangan terhadap 2.858 responden yang ditemui di berbagai wilayah Kota
              Surabaya. Beberapa aspek yang dibahas dalam bab ini tentang tingkat
              minat baca dan pola perilaku gemar membaca masyarakat Kota Surabaya,
              jenis dan genre bacaan yang digemari, faktor-faktor yang menjadi daya
              tarik dan penghambat minat masyarakat memanfaatkan berbagai fasilitas
              membaca, seperti perpustakaan, TBM, dan lain-lain yang ada di Kota
              Surabaya, akses masyarakat terhadap bacaan dan informasi yang ada di
              dunia maya, dan juga kendala yang dihadapi masyarakat Kota Surabaya
              dalam mengakses informasi yang disediakan dunia maya.       Namun
              sebelumnya akan dipaparkan terlebih dahulu profil atau karakteristik
              responden penelitian ini.


              PROFIL RESPONDEN

                   Studi ini telah mewawancarai 2.858 responden yang tersebar di
              berbagai kelurahan Kota Surabaya. Dari segi jenis kelamin, responden
              penelitian ini relatif berimbang antara laki-laki (44,1%) dan perempuan
              (55,9%).
                   Usia responden, sebagian besar termasuk remaja dan anak-anak.
              Sebanyak 26,6% responden berusia 7-11 tahun, dan 27,3% berusia 12-18
              tahun. Dari 2.858 responden, 10,4% responden berusia 19-22 tahun, dan
              sisanya sebanyak 35,7% berusia di atas 23 tahun.



              38                       Minat & Perilaku Gemar Membaca Masyarakat Kota Surabaya di Era Digital
   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57