Page 52 - index
P. 52
adalah kelompok yang lahir dan tumbuh di tengah perkembangan
teknologi digital. Net generation umumnya lebih banyak menghabiskan
waktu luang untuk memanfaatkan gadget dan memiliki keleluasaan,
kebebasan dan kemudahan untuk mengakses informasi apapun detik itu
pula dari dunia maya (Tapscott, 2009). Dengan karakteristik kelompok
net generation seperti ini, untuk membangun minat dan perilaku gemar
membaca harus diakui dewasa ini bukanlah hal yang mudah. Demikian
pula dengan kelompok digital immigrant yang secara teoritis memang
baru mengenal teknologi digital, tetapi beraktivitas di internet menjadi
hal yang sudah mulai biasa. Berselancar di dunia maya, berinteraksi
secara virtual serta mengisi waktu luang dengan kegiatan pleasure
(seperti bermain games) adalah hal-hal yang acapkali menjadi pemikiran,
problema bahkan kendala tersendiri dalam membangun tumbuhnya
minat dan perilaku gemar membaca, termasuk di masyarakat Kota
Surabaya sebagai masyarakat urban.
Bab ini, secara rinci akan memaparkan data dari hasil wawancara
lapangan terhadap 2.858 responden yang ditemui di berbagai wilayah Kota
Surabaya. Beberapa aspek yang dibahas dalam bab ini tentang tingkat
minat baca dan pola perilaku gemar membaca masyarakat Kota Surabaya,
jenis dan genre bacaan yang digemari, faktor-faktor yang menjadi daya
tarik dan penghambat minat masyarakat memanfaatkan berbagai fasilitas
membaca, seperti perpustakaan, TBM, dan lain-lain yang ada di Kota
Surabaya, akses masyarakat terhadap bacaan dan informasi yang ada di
dunia maya, dan juga kendala yang dihadapi masyarakat Kota Surabaya
dalam mengakses informasi yang disediakan dunia maya. Namun
sebelumnya akan dipaparkan terlebih dahulu profil atau karakteristik
responden penelitian ini.
PROFIL RESPONDEN
Studi ini telah mewawancarai 2.858 responden yang tersebar di
berbagai kelurahan Kota Surabaya. Dari segi jenis kelamin, responden
penelitian ini relatif berimbang antara laki-laki (44,1%) dan perempuan
(55,9%).
Usia responden, sebagian besar termasuk remaja dan anak-anak.
Sebanyak 26,6% responden berusia 7-11 tahun, dan 27,3% berusia 12-18
tahun. Dari 2.858 responden, 10,4% responden berusia 19-22 tahun, dan
sisanya sebanyak 35,7% berusia di atas 23 tahun.
38 Minat & Perilaku Gemar Membaca Masyarakat Kota Surabaya di Era Digital

