Page 116 - index
P. 116

Target                                   Program
                 Sasaran     Arah Kebijakan          yang Direkomendasikan
                                             •  Pelatihan bagi remaja (siswa baru di jenjang
                                                SD, SMP dan SMA) tentang manfaat
                                                informasi dan cara mengaksesnya di dunia
                                                maya, khususnya tentang literasi media dan
                                                literasi informasi
                                             •  Penyediaan fasilitas akses online koleksi
                                                rujukan dan informasi yang dibutuhkan
                                                pelajar/mahasiswa di TBM, perpustakaan
                                                sekolah dan perpustakaan umum.
               Orang Dewasa  Pengembangan    •  Revitalisasi dan pengembangan TBM
                            institusi atau      dan perpustakaan lain yang berbasis dan
                            fasilitas layanan   mempertimbangkan gaya hidup (life style)
                            membaca yang sesuai   masyarakat urban
                            dengan kebutuhan   •  Pengadaan koran, majalah dan bacaan
                            dan gaya hidup      populer di perpustakaan, TBM, dan lain-
                            masyarakat urban    lain yang up to date
                                             •  Bedah buku, diskusi masalah-masalah
                                                sosial dan budaya yang diselenggarakan
                                                dengan format acara yang disesuaikan
                                                dengan karakteristik masyarakat urban.


              modal atau investasi bagi anak memasuki dunia pergaulan yang lebih
              luas, dapat dijadikan sarana untuk mencuri perhatian guru dan orang
              tua, dan sebagainya. Pendek kata, kegiatan membaca seyogianya tidak
              semata-mata dikaitkan dengan persoalan akademik, tetapi membaca
              sesungguhnya adalah bagian dari gaya hidup (life style).
              Keempat, khusus untuk anak-anak dan remaja, salah satu agenda
              penting adalah bagaimana cara kita mencari “pintu masuk” agar
              membaca dapat lebih cepat diterima sebagai sebuah kebutuhan oleh
              remaja  dan siswa.  Selain  sikap empatif —memahami kondisi dan
              karakteristik psikologis  anak  dan remaja—, yang penting adalah
              bagaimana memanfaatkan hal-hal yang digemari anak dan remaja bukan
              sebagai lawan atau hal yang dinilai jelek daripada kegiatan membaca.
              Kegemaran anak-anak menonton film seri di televisi, misalnya, tidak
              mustahil dijadikan media promosi bagi orang tua dan pustakawan
              untuk memancing gairah awal anak mengenal dan kemudian gemar
              membaca buku. Demikian pula, kegemaran remaja memanfaatkan
              waktu luang untuk membaca buku-buku non-pendidikan, tidak harus
              pagi-pagi divonis hanya membuang-buang waktu dan kontra-produktif
              bagi kegiatan belajar di sekolah. Di kalangan anak-anak, salah satu



              102                      Minat & Perilaku Gemar Membaca Masyarakat Kota Surabaya di Era Digital
   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121