Page 116 - index
P. 116
Target Program
Sasaran Arah Kebijakan yang Direkomendasikan
Pelatihan bagi remaja (siswa baru di jenjang
SD, SMP dan SMA) tentang manfaat
informasi dan cara mengaksesnya di dunia
maya, khususnya tentang literasi media dan
literasi informasi
Penyediaan fasilitas akses online koleksi
rujukan dan informasi yang dibutuhkan
pelajar/mahasiswa di TBM, perpustakaan
sekolah dan perpustakaan umum.
Orang Dewasa Pengembangan Revitalisasi dan pengembangan TBM
institusi atau dan perpustakaan lain yang berbasis dan
fasilitas layanan mempertimbangkan gaya hidup (life style)
membaca yang sesuai masyarakat urban
dengan kebutuhan Pengadaan koran, majalah dan bacaan
dan gaya hidup populer di perpustakaan, TBM, dan lain-
masyarakat urban lain yang up to date
Bedah buku, diskusi masalah-masalah
sosial dan budaya yang diselenggarakan
dengan format acara yang disesuaikan
dengan karakteristik masyarakat urban.
modal atau investasi bagi anak memasuki dunia pergaulan yang lebih
luas, dapat dijadikan sarana untuk mencuri perhatian guru dan orang
tua, dan sebagainya. Pendek kata, kegiatan membaca seyogianya tidak
semata-mata dikaitkan dengan persoalan akademik, tetapi membaca
sesungguhnya adalah bagian dari gaya hidup (life style).
Keempat, khusus untuk anak-anak dan remaja, salah satu agenda
penting adalah bagaimana cara kita mencari “pintu masuk” agar
membaca dapat lebih cepat diterima sebagai sebuah kebutuhan oleh
remaja dan siswa. Selain sikap empatif —memahami kondisi dan
karakteristik psikologis anak dan remaja—, yang penting adalah
bagaimana memanfaatkan hal-hal yang digemari anak dan remaja bukan
sebagai lawan atau hal yang dinilai jelek daripada kegiatan membaca.
Kegemaran anak-anak menonton film seri di televisi, misalnya, tidak
mustahil dijadikan media promosi bagi orang tua dan pustakawan
untuk memancing gairah awal anak mengenal dan kemudian gemar
membaca buku. Demikian pula, kegemaran remaja memanfaatkan
waktu luang untuk membaca buku-buku non-pendidikan, tidak harus
pagi-pagi divonis hanya membuang-buang waktu dan kontra-produktif
bagi kegiatan belajar di sekolah. Di kalangan anak-anak, salah satu
102 Minat & Perilaku Gemar Membaca Masyarakat Kota Surabaya di Era Digital

