Page 115 - index
P. 115
Tabel 32. Implikasi praktis dan program yang direkomendasikan
Target Program
Sasaran Arah Kebijakan yang Direkomendasikan
Anak-anak Membangun Sosialisasi bagi orang tua tentang
konstruksi sosial di arti penting membaca dan strategi
benak anak-anak pengembangannya
sejak dini bahwa Pengembangan Story Telling di sekolah
membaca adalah dan Kelompok PKK, Dasa Wisma dan CBO
aktivitas yang lainnya
menyenangkan Pengembangan kelompok pecinta buku atau
(reading for pleasure) diskusi buku di sekolah yang tengah populer
di mata siswa
Sosialisasi bagi guru dan pustakawan
tentang arti penting membaca dan
implementasinya di lapangan
Pengembangan program jam khusus
membaca untuk kesenangan di TB, TK dan
Sekolah Dasar
Gerakan pemberian kado buku kepada
anak-anak di hari ulang tahun dan moment
penting lainnya
Gerakan berkunjung ke perpustakaan,
TBM, dan lain-lain yang menyenangkan
dan atraktif bagi anak (misal: Pemakaian
kostum tokoh-tokoh idola anak di kalangan
pustakawan di hari-hari tertentu)
Pemberian sertifikat dan hadiah bagi anak-
anak ketika pertama kali berkunjung ke
perpustakaan
Remaja dan Membangun Pemilihan siswa idola yang sifatnya populer
anak muda konstruksi bahwa (misal: pemberian penghargaan “Kutu
membaca memiliki Buku Award” bagi siswa yang gemar
fungsi atau nilai membaca atau pemilihan Reader Idol atau
pakai kedua (ersatz) Librarian Idol, dan lain-lain)
dan sekaligus Pengembangan Klub Pecinta Buku Online
merupakan modal di kalangan net generation
sosial untuk Pengembangan program reading corner
meningkatkan atau pojok baca bagi siswa dengan koleksi
kemampuan literasi bacaan, dekorasi, dan suasana yang khas
remaja dan anak remaja urban
muda Kerja sama guru dan pustakawan sekolah
untuk mengembangkan program “membaca
yang menyenangkan” dan “perpustakaan
yang ramah siswa”
Pengembangan program jam khusus
membaca untuk kesenangan di sekolah
Pemberian tugas resensi bacaan populer
yang digemari di kalangan siswa
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI 101

