Page 92 - index
P. 92
Tabel 24. Penilaian responden terhadap kelebihan utama dari tempat-
tempat di bawah ini
1 2 3 4 5 6 7 8
Tempat
F % F % F % F % F % F % F % F %
1. Perpustakaan 464 30,7 159 10,5 29 1,9 282 18,7 98 6,5 25 1,7 1 0,1 452 29,9
kampus/
sekolah
(N=1.510)
2. Perpustakaan 75 14,5 35 6,8 11 2,1 60 11,6 12 2,3 3 0,6 1 0,2 319 61,8
umum
(N=516)
3. Perpustakaan 24 7,7 7 2,2 2 0,6 8 2,6 8 2,6 120 38,3 1 0,3 143 45,7
Keliling
(N=313)
4. TBM 155 10,3 78 5,2 21 1,4 221 14,7 250 16,7 505 33,6 0 0 271 18,1
(N=1.501)
5. Toko buku 531 33,5 222 14,0 156 9,9 478 30,2 40 2,5 24 1,5 49 3,1 83 5,2
(N=1.583)
6. Persewaan 2 1,0 175 87,1 1 0,5 2 1,0 0 0 3 1,5 9 4,5 9 4,5
buku (N=201)
7. Kios-kios 5 1,2 14 3,5 10 2,5 2 0,5 138 34,2 133 33,0 81 20,1 20 5,0
buku/bacaan
(N=403)
8. Lainnya,....... 0 0 1 1,6 0 0 0 0 60 96,8 0 0 0 0 1 1,6
(N=62)
Sumber: Pertanyaan Kuesioner No. 17
Keterangan: yang dimaksud “lain-lain” adalah rumah tangga dan teman. Lihat
lampiran.
1. Koleksinya banyak
2. Koleksi sesuai dengan kebutuhan
3. Koleksinya up to date
4. Tempatnya nyaman
5. Petugasnya ramah
6. Jaraknya dekat
7. Harganya murah
8. Tidak menjawab
dengan upaya menyediakan bahan bacaan untuk memenuhi kebutuhan
pengunjung pada jenis bacaan.
Salah satu kunci keberhasilan dalam mengembangkan minat,
ketertarikan dan perilaku gemar membaca adalah faktor ketersediaan
serta akses pada bahan bacaan. Dari berbagai studi yang dilakukan
para peneliti telah diperoleh kesimpulan yang sama bahwa ketika
bahan bacaan atau buku bacaan banyak tersedia untuk dibaca maka
78 Minat & Perilaku Gemar Membaca Masyarakat Kota Surabaya di Era Digital

