Page 92 - index
P. 92

Tabel 24.   Penilaian responden terhadap kelebihan utama dari tempat-
                        tempat di bawah ini
                             1      2      3      4      5      6      7     8
                 Tempat
                            F  %   F  %  F   %  F  %   F   %  F   %  F  %   F  %
              1.  Perpustakaan  464 30,7 159 10,5  29 1,9 282 18,7  98  6,5  25 1,7  1  0,1 452 29,9
                kampus/
                sekolah
                (N=1.510)
              2.  Perpustakaan   75 14,5  35  6,8  11 2,1  60 11,6  12  2,3  3 0,6  1  0,2 319 61,8
                umum
                (N=516)
              3.  Perpustakaan   24  7,7  7  2,2  2 0,6  8  2,6  8  2,6 120 38,3 1  0,3 143 45,7
                Keliling
                (N=313)
              4.  TBM      155 10,3  78  5,2  21 1,4 221 14,7 250 16,7 505 33,6 0  0  271 18,1
                (N=1.501)
              5.  Toko buku   531 33,5 222 14,0 156 9,9 478 30,2  40  2,5  24 1,5 49 3,1  83  5,2
                (N=1.583)
              6.  Persewaan   2  1,0 175 87,1  1 0,5  2  1,0  0  0  3 1,5  9  4,5  9  4,5
                buku (N=201)
              7.  Kios-kios   5  1,2  14  3,5  10 2,5  2  0,5 138 34,2 133 33,0 81 20,1 20  5,0
                buku/bacaan
                (N=403)
              8.  Lainnya,.......   0  0  1  1,6  0 0  0  0  60 96,8  0  0  0  0  1  1,6
                (N=62)
              Sumber: Pertanyaan Kuesioner No. 17
              Keterangan: yang dimaksud “lain-lain” adalah rumah tangga dan teman. Lihat
              lampiran.
              1.  Koleksinya  banyak
              2.  Koleksi sesuai dengan kebutuhan
              3.  Koleksinya up to date
              4.  Tempatnya  nyaman
              5. Petugasnya ramah
              6.  Jaraknya  dekat
              7.  Harganya  murah
              8.  Tidak  menjawab



              dengan upaya menyediakan bahan bacaan untuk memenuhi kebutuhan
              pengunjung pada jenis bacaan.
                   Salah satu kunci keberhasilan dalam mengembangkan minat,
              ketertarikan dan perilaku gemar membaca adalah faktor ketersediaan
              serta akses pada bahan bacaan. Dari berbagai studi yang dilakukan
              para peneliti telah diperoleh kesimpulan yang sama bahwa ketika
              bahan bacaan atau buku bacaan banyak tersedia untuk dibaca maka


              78                       Minat & Perilaku Gemar Membaca Masyarakat Kota Surabaya di Era Digital
   87   88   89   90   91   92   93   94   95   96   97