Page 61 - index
P. 61
Tempat di mana responden memanfaatkan fasilitas membaca
untuk tujuan yang seharusnya adalah ketika mereka berkunjung ke
perpustakaan sekolah. Bagi kalangan pelajar, ketika mereka berkunjung
ke perpustakaan sekolah, sebagian besar mengaku aktivitas yang
dilakukan adalah membaca (63,5%), meminjam bacaan (36,6%), belajar
bersama teman (36%), atau berdiskusi dengan teman (27,8%) di seputar
tugas sekolah, dan hanya sebagian kecil responden yang bermain
Tabel 5. Jika pernah ke perpustakaan sekolah, kegiatan yang dilakukan
responden
Tidak
Kegiatan yang dilakukan Pernah Jarang Sering
di Perpustakaan Sekolah
F % F % F %
1. Membaca koleksi di tempat 82 5,4 468 31,0 958 63,5
(N=1.508)
2. Meminjam koleksi (N=1.499) 415 27,7 535 35,7 549 36,6
3. Belajar (N=1.491) 412 27,6 542 36,4 537 36,0
4. Berdiskusi dengan teman (N=1.484) 547 36,9 524 35,3 413 27,8
5. Lain-lain, sebutkan..... (N=169) 11 6,5 69 40,8 89 52,7
Sumber: Pertanyaan Kuesioner No. 16
Keterangan: Yang dimaksud “lain-lain” meliputi bercanda, download aplikasi, dan
lain-lain. Lihat lampiran.
Grafik 9. Kegiatan di perpustakaan sekolah
TEMUAN DAN ANALISIS DATA 47

