Page 61 - index
P. 61

Tempat di mana responden memanfaatkan fasilitas membaca
            untuk tujuan yang seharusnya adalah ketika mereka berkunjung ke
            perpustakaan sekolah. Bagi kalangan pelajar, ketika mereka berkunjung
            ke perpustakaan sekolah, sebagian besar mengaku aktivitas yang
            dilakukan adalah membaca (63,5%), meminjam bacaan (36,6%), belajar
            bersama teman (36%), atau berdiskusi dengan teman (27,8%) di seputar
            tugas sekolah, dan hanya sebagian    kecil responden yang bermain



            Tabel 5.   Jika pernah ke perpustakaan sekolah, kegiatan yang dilakukan
                     responden
                                                  Tidak
                  Kegiatan yang dilakukan        Pernah     Jarang     Sering
                  di Perpustakaan Sekolah
                                                 F    %     F    %     F    %
             1.  Membaca koleksi di tempat        82   5,4  468  31,0  958  63,5
                (N=1.508)
             2.  Meminjam koleksi (N=1.499)      415  27,7  535  35,7  549  36,6
             3. Belajar (N=1.491)                412  27,6  542  36,4  537  36,0
             4.  Berdiskusi dengan teman (N=1.484)  547  36,9  524  35,3  413  27,8
             5.  Lain-lain, sebutkan..... (N=169)  11  6,5  69  40,8   89  52,7
            Sumber: Pertanyaan Kuesioner No. 16
            Keterangan: Yang dimaksud “lain-lain” meliputi bercanda, download aplikasi, dan
            lain-lain. Lihat lampiran.



























                              Grafik 9. Kegiatan di perpustakaan sekolah


            TEMUAN DAN ANALISIS DATA                                          47
   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66