Page 62 - index
P. 62

internet, atau hanya sekadar bercanda dengan teman selama mereka
              berkunjung ke perpustakaan sekolah. Iklim pembelajaran, suasana dan
              tugas yang diberikan guru adalah faktor gabungan yang menyebabkan
              sebagian besar pelajar memanfaatkan perpustakaan sekolah untuk hal-
              hal yang sifatnya akademik.
                   Menurut Krashen (2004), pemberian kesempatan        bagi  siswa
              untuk mengakses koleksi buku bacaan di perpustakaan sekolah dan
              peran sekolah yang menyediakan bahan bacaan yang banyak untuk
              dibaca serta dipinjam siswa memang merupakan upaya yang penting
              untuk menumbuhkan minat baca siswa. Perpustakaan sekolah yang
              tidak memberikan keleluasaan pada siswa untuk membaca dan tidak
              menyediakan pilihan bacaan yang cukup serta menarik maka tentu
              kesempatan untuk lebih banyak membaca tidaklah ada (Krashen,
              2004: 58–59). Sebaliknya, perpustakaan sekolah yang memiliki koleksi
              lengkap, up to date dan menyediakan kesempatan bagi siswa untuk
              meminjam, maka     tentu saja  di lingkungan sekolah kemungkinan
              tumbuh perilaku membaca yang positif menjadi lebih besar.
                   Dari 2.858 responden yang diwawancarai, studi ini menemukan
              sebanyak 63,3% responden mengaku memiliki koleksi bacaan di
              rumah. Hanya 36,7% responden yang tidak memiliki koleksi bacaan
              di rumah.
                   Tentang jumlah koleksi bacaan yang dimiliki, antara responden
              satu dengan yang lain memang berbeda-beda. Sebagian besar responden
              yang mengaku memiliki koleksi bacaan di rumah, 70,7% responden
              mengaku memiliki koleksi tidak banyak, hanya sekitar 1–10 bacaan
              saja. Dari 1.808 responden yang mengaku memiliki koleksi bacaan



              Tabel 6.  Kepemilikan dan jumlah koleksi bacaan di rumah
               Kepemilikan Koleksi Bahan   Ya                       63,3%
               Bacaan (n = 2.858)          Tidak                     36,7%
               Jumlah koleksi bacaan        1 – 10 judul             70,7%
               cetak yang dimiliki         11 – 20 judul             14,2%
               (n = 1.799)                 21 – 30 judul              5,1%
                                           30 judul lebih            10,1%
               Jumlah koleksi bacaan        1 – 10 judul            53,9%
               e-book yang dimiliki        11 – 20 judul             16,9%
               (n = 89)                    21 – 30 judul              7,9%
                                           30 judul lebih            21,3%



              48                       Minat & Perilaku Gemar Membaca Masyarakat Kota Surabaya di Era Digital
   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67