Page 106 - index
P. 106

yang dibutuhkan adalah kesediaan untuk memahami bahwa aktivitas
              membaca benar-benar harus menjadi bagian dari aktivitas dan proses
              pembelajaran yang menyenangkan (joyful learning).


              KESIMPULAN
                   Dari hasil kajian yang telah dilakukan, beberapa temuan pokok
              dari studi yang tengah dilaporkan ini adalah:
              1.  Tingkat minat baca masyarakat Kota Surabaya, secara umum
                 tergolong cukup menggembirakan. Dari      2.858 responden yang
                 diwawancarai, separuh lebih (59,6%) termasuk kelompok sedang, dan
                 bahkan ada 5,8% responden yang termasuk kelompok masyarakat
                 dengan tingkat minat dan perilaku gemar membaca yang relatif
                 tinggi. Warga masyarakat disebut memiliki tingkat minat baca yang
                 tinggi apabila sering berkunjung serta memanfaatkan bacaan di
                 perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, TBM dan lain-lain;
                 serta memanfaatkan waktu luang untuk aktivitas membaca, serta
                 memiliki sejumlah koleksi bacaan cetak maupun online. Namun
                 demikian, perlu dicatat bahwa di balik meningkatnya tingkat
                 minat  membaca   masyarakat   di  Kota  Surabaya,  ternyata  masih
                 cukup banyak warga masyarakat yang memiliki tingkat minat dan
                 perilaku gemar membaca yang tergolong rendah (34,6%).
              2.  Dilihat dari segi usia, studi ini menemukan indikasi bahwa makin
                 tinggi usia warga masyarakat, ternyata tingkat minat dan perilaku
                 gemar membaca mereka makin rendah. Sebaliknya, makin rendah
                 usia warga masyarakat, tingkat minat dan perilaku gemar membaca
                 mereka justru makin tinggi. Di kalangan anak-anak usia 7–11
                 tahun, justru pada kelompok usia inilah mereka yang paling banyak
                 memiliki buku bacaan, dan sering berkunjung ke perpustakaan
                 sekolah,  toko  buku,  serta  sering  pula  mengakses  bacaan  dan
                 informasi di dunia maya. Untuk anak usia 7–11 tahun, sebanyak
                 70% responden termasuk memiliki tingkat minat dan perilaku
                 gemar membaca sedang, sementara itu untuk responden pada usia
                 23 tahun ke atas, hanya 46,6% responden yang termasuk memiliki
                 tingkat minat dan perilaku gemar membaca kategori sedang. Untuk
                 responden dengan rentang usia 12–18 tahun, sebanyak 66%, dan
                 responden dengan rentang usia 19–22 tahun sebanyak 60,6% yang
                 termasuk memiliki tingkat minat dan perilaku gemar membaca



              92                       Minat & Perilaku Gemar Membaca Masyarakat Kota Surabaya di Era Digital
   101   102   103   104   105   106   107   108   109   110   111