Page 105 - index
P. 105

Bab
              IV           KESIMPULAN DAN REKOMENDASI












                 Membaca sesungguhnya adalah fondasi dari proses belajar dan
            modal untuk mengembangkan kemampuan literasi masyarakat. Di Kota
            Surabaya, ketika masyarakatnya tumbuh menjadi masyarakat yang
            gemar membaca (reading society), niscaya akan melahirkan masyarakat
            belajar (learning society), karena perilaku gemar serta budaya membaca
            adalah  kunci untuk membangun masyarakat         ilmu  pengetahuan
            (knowledge society) yang berbasis pada peningkatan kualitas sumber
            daya manusia (lihat Tilaar, 1999: 382). Hasil kajian dan publikasi UNDP
            tentang Human Development Report dari tahun ke tahun dapat kita lihat
            senantiasa menempatkan Indonesia dalam peringkat di atas angka 100,
            di bawah Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Brunai Darusalam (lihat:
            Jalal & Sardjunani, 2005). Untuk meningkatkan peringkat Indonesia
            termasuk Kota Surabaya di bidang pembangunan kualitas manusia
            dalam Human Development Report, salah satu langkah taktis yang
            dibutuhkan adalah bagaimana meningkatkan minat masyarakat untuk
            membaca, yang notabene merupakan langkah awal untuk meningkatkan
            kemampuan literasi masyarakat yang benar-benar berkualitas dan
            memiliki sumber daya manusia yang handal.
                 Pelajaran terpenting yang dapat diambil dari studi yang telah
            dilakukan adalah mustahil kita dapat menumbuhkan minat dan perilaku
            gemar membaca masyarakat, serta meningkatkan kualitas sumber daya
            manusia, jika cara dan strategi yang dikembangkan memperlakukan
            masyarakat serba homogen dan lebih banyak bersifat instruktif (apalagi
            bersifat punitif atau menghukum), dan menempatkan anjuran gemar
            membaca semata-mata sebagai bagian dari kewajiban seseorang untuk
            belajar dan mengembangkan prestasi akademik di sekolah. Membaca,
            seharusnya adalah bagian dari aktivitas dan refleksi dari gaya hidup dan
            aktivitas yang menyenangkan, sehingga untuk menumbuhkembangkan
            minat dan perilaku gemar membaca masyarakat, maka langkah awal



                                             91
   100   101   102   103   104   105   106   107   108   109   110