Page 102 - index
P. 102
Tabel 29. Tempat akses bacaan di dunia maya
Tidak
Tempat Akses Bacaan Pernah Jarang Sering
di Dunia Maya
F % F % F %
1. Di rumah (N=531) 37 7,0 303 57,1 191 36,0
2. Di sekolah/kampus (N=307) 137 44,6 80 26,1 90 29,3
3. Di pusat perbelanjaan (N=1.408) 1.217 86,4 135 9,6 56 4,0
4. Di warnet (N=201) 75 37,3 83 41,3 43 21,4
5. Di zona publik (N= 243) 140 57,6 65 26,7 38 15,6
6. Lain-lain, sebutkan........ (N=165) 30 18,2 51 30,9 84 50,9
Sumber: Pertanyaan Kuesioner No. 20
Keterangan: yang dimaksud dengan “lain-lain” adalah Balai RW, rumah teman,
restoran, dan lain-lain. Lihat lampiran.
menurut sejumlah responden adalah daya tarik tersendiri dari warnet.
Selain, di warnet, sekolah/kampus, atau di pusat perbelanjaan, tempat
lain yang terkadang dimanfaatkan responden untuk mengakses internet
adalah di rumah teman, di salon-salon tertentu, di restoran, di tempat
kerja, dan lain-lain tempat yang menyediakan fasilitas wifi.
Studi ini menemukan, hambatan yang dihadapi responden
ketika mereka hendak mengakses informasi di dunia maya ada dua
Tabel 30. Hambatan responden mengakses informasi yang dibutuhkan
di dunia maya
Sangat Menghambat Tidak
Hambatan Menghambat Menghambat
F % F % F %
1. Kemampuan Bahasa 64 12,7 247 49,2 191 38,0
Inggris (N=502)
2. Keterbatasan waktu 30 6,0 221 44,2 249 49,8
(N=500)
3. Perlu berlangganan 125 24,8 152 30,1 228 45,1
internet (N=505)
4. Akses jaringan internet 135 26,9 200 39,9 166 33,1
yang tersedia (N=501)
5. Kecanggihan perangkat 18 3,6 109 22,0 369 74,4
gadget yang dimiliki
(N=496)
6. Malas (N=495) 64 12,9 116 23,4 315 63,6
Sumber: Pertanyaan Kuesioner No. 28
88 Minat & Perilaku Gemar Membaca Masyarakat Kota Surabaya di Era Digital

